Bulan Bakti Praja Wibawa, Satpol PP Gelar Penertiban Prokes di Medan Labuhan

TNI/Polri, Umum459 Dilihat

ProaksiNews, Medan – Dalam rangka bulan Bakti Praja Wibawa, Satpol PP Kota Medan bersama tim OPD dan TNI serta Polri menggelar kegiatan penertiban pedagang kali lima dan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada, Jumat (28/1/2022) ini, tim juga melakukan Penertiban pedagang kaki lima (PK5) dan spanduk liar, serta melakukan sosialisasi aplikasi pedulilindungi di sejumlah tempat usaha. Selain itu, tim juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat.

Dengan mengusung konsep One Day One Kecamatan, tim gabungan akan setiap harinya akan mendatangi satu persatu kecamatan untuk melaksanakan kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut HUT Satpol PP tersebut.

Kasatpol PP Kota Medan, Rakhmat Adi Sahputra Harahap kepada awak media mengungkapkan, bahwa kegiatan Bulan Bakti Praja Wibawa ini akan terus dilakukan secara merata di 21 kecamatan hingga 21 Februari 2022 mendatang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kita semua, terlebih dalam mematuhi prokes
di tengah kondisi pandemi yang masih melanda,” ujar Rahmat, Jumat (28/1/2022).

Dikatakan Kasatpol PP, terlebih saat ini kasus paparan Covid-19 ditengah masyarakat mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan, dengan adanya penertiban Prokes ini bisa menekan paparan Covid-19 di Kota Medan

“Apalagi dalam beberapa hari belakangan ini, kasus Covid-19 mengalami peningkatan,” kata Rakhmat.

Rahmat menambahkan, tujuan kegiatan yang dilakukan tim gabungan ini, untuk meningkatkan edukasi, sosialisasi, pencegahan dan pengawasan terhadap penegakan peraturan daerah (Perda).

Dan upaya yang dilakukan tim gabungan ini sangat elegan, dengan mengusung cara “Sapa Masyarakat, Ramah, Tertib dan Aman” (Samarata).

“Kita mengusung jargon “Samarata” dalam melakukan penertiban pedagang kali lima dan sosialisasi Prokes,” imbuhnya.

Pantauan ProaksiNews dilokasi, tampak kegiatan berjalan dengan lacar, dan tim gabungan menertibkan PK5 yang mengganggu kelancaran arus lalulintas. Disamping itu, tim juga melakukan sosialisasi terhadap para pedagang maupun pembeli agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selain melakukan sosialisasi Prokes, tim juga membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli yang ditemukan tidak menggunakan masker.

Selain para PK5, tim juga menyasar tempat-tempat publik untuk menggunakan aplikasi pedulilindungi. Dalam kegiatan tersebut, tim menjaring sejumlah pelajar berpakaian sekolah yang tengah asyik main game oline di warung internet (warnet).

Dalam kegiatan ini, tim gabungan terlihat selalu  mengedepankan cara humanis, sehingga masyarakat tetap merasa nyaman. Terlebih, tujuannya untuk menciptakan keamanan dan
ketertiban umum (trantibum) di tengah masyarakat. Tom/SPP.

Komentar