Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Kerta Jaya Laksanakan PPKM Berbasis Mikro

Daerah331 Dilihat

ProaksiNews, Pandeglang – Pemerintah Desa Kerta Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten kini telah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Melalui linmas dan perangkat desa serta pihak RT/RW, Desa Kerta Jaya melaksanakan PPKM berbasis mikro dengan mendirikan beberapa posko serta membagikan masker dan menyemprotkan cairan disefektan disejumlah tempat pelayanan publik, baik kantor desa, Alfamart, Indomaret, mesjid dan lainnya.

Demikian dikatakan Kades Kerta Jaya Burhan melalui Seketaris Desa, Ayi Amsarudin kepada ProaksiNews di kantornya, Minggu (23/05/2021).

Menurut Ayi, kegiatan penyemprotan disfektan, pembagian masker dan pendirian posko tersebut demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga diharapkan laju penularan virus Corona bisa ditekan.

“Semoga dengan kegiatan tersebut penyebaran Covid-19 bisa ditekan, dan warga sehat sslalu,” ujar Ayi.

Dikatakan Ayi, kegiatan ini lebih mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan adaptasi kebiasaan baru, seperti selalu memakai masker kemanapun pergi atau dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

“Kita harapkan masyarakat disiplin memakai masker dan tetap mematuhi prokes Covid-19,” kata Ayi.

Ayi menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan Desa Kerta Jaya itu untuk menjalankan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corono Virus Desease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian Corona Virus Desease 2019.

Instruksi Mendagri tertanggal 5 Februari 2021 tersebut, pemerintah daerah diminta untuk melaksanakan PPKM Mikro dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah sampai dengan tingkat RT.

“Ya, ini instruksi pemerintah pusat, jadi harus dilakukan dengan serius. Mudah mudahan dengan cara ini penyebaran virus Corona bisa diatasi,” ujar Ayi. Par.

Komentar