Dengan Tema Beraksi, Balitbangda Kabupaten Bekasi Kembali Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah 2023

Pemerintahan513 Dilihat

Cikarang, proaksinews – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi kembali menggelar lomba inovasi perangkat daerah tahun 2023 dengan tema Beraksi yakni Bekasi Berani Komitmen dan Berinovasi, bertempat di Ballroom Hotel Zuri Exspress, Lippo Cikarang. Pada Senin, (03/07/2023).

Kepala Balitbangda Kabupaten Bekasi, Dwy Sigit Andrian menyampaikan, kegiatan rutin setiap tahun ini untuk memacu perangkat daerah Kabupaten Bekasi, agar terus menghadirkan inovasi-inovasi yang berkontribusi terhadap masyarakat.

“Lomba inovasi ini dapat memotivasi seluruh perangkat daerah untuk menghadirkan inovasi bahkan juga bisa melihat serta mencontoh perangkat daerah lainnya yang telah mengembangkan inovasi terbaik,” Ucap Dwy Sigit.

Ia menjelaskan, dalam perlombaan tahun ini, Balitbangda Kabupaten Bekasi melibatkan tim penilai atau juri dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Aldo Aldo Harjunanto dan Kepala Program Studi Magister Pasca Sarjana IPDN, M. Irwan Tahir.

“Kami memberikan kepercayaan kepada IPDN serta Pemerintahan Dalam Negeri untuk pendampingan dan penjuriannya, yang berkompeten menilai lomba inovasi seluruh Indonesia. Sehingga dapat menilai siapa diantara 10 besar untuk masuk 3 besar nantinya,” Jelasnya.

Dwy Sigit menambahkan, kegiatan evaluasi dan penilaian sebagai rangkaian dalam fasilitasi lomba juga menghadirkan langsung perwakilan perangkat daerah untuk mempresentasikan inovasi yang telah digagasnya.

“Sebelumnya sudah kami sampaikan kepada seluruh perangkat daerah agar bisa turut serta mengikuti lomba inovasi ini. Diharapkan inovasi dari perangkat daerah bisa bermanfaat dan bisa dirasakan masyarakat,” harapnya

Senada dengan hal itu, Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbangda Kabupaten Bekasi, Rosi Aryanti mengakui, jumlah peserta dari perangkat daerah yang mengikuti lomba tahun ini diluar ekspektasi. Bahkan animo serta antusiasme peserta lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya.

“Lomba inovasi ini berlaku bagi seluruh OPD, sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi lomba ini dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini kita adakan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi dan mendorong indeks inovasi daerah,”terang Rosi Aryanti.

Dia juga mengimbau, agar perangkat daerah yang mengembangkan inovasi di tahun depan, agar segera mendokumentasikan inovasinya dari awal perencanaan sampai ke implementasi.

“Sebetulnya perangkat daerah hingga kecamatan dan desa memiliki inovasi. Hanya saja ada yang tidak melaporkan ke Kemendagri, padahal kita ketahui inovasinya bagus,” pungkasnya. (Claudius).

Komentar