Dilantik Presiden Joko Widodo Hari ini, Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI

TNI/Polri401 Dilihat

ProaksiNews, Jakarta – Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjadi Panglima TNI. Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat dan disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2021). Pelantikan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah tokoh tampak hadir dalam acara pelantikan Panglima TNI dan KSAD tersebut. Salah satu yang hadir adalah Presiden Ke-5 RI, yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Pelantikan Jenderal Andika Perkasa diawali dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jenderal Andika.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Menko Polhukam Mahfud Md dan Menhan Prabowo menjadi saksi.

Setelah itu, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan jabatan serta tongkat komando kepada Jenderal Andika. Acara pelantikan Panglima TNI kemudian ditutup dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Cha/Hms.

Komentar