Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Sosialisasi Perkuat Keamanan Informasi Layanan Digital

Pemerintahan394 Dilihat

Cikarang, proaksinews – Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengemukakan Diskominfosantik berupaya memperkuat aspek pengamanan informasi dalam mendukung keamanan pelayanan digital di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Sebagaimana diketahui, pergeseran layanan di lingkungan Pemkab Bekasi sudah mulai berubah pada pelayanan digital, maka pengamanan Informasi perlu dikuatkan.

Hal ini dijelaskannya usai membuka Sosialisasi Pengamanan Informasi di lingkungan Pemkab Bekasi yang digelar Bidang Persandian Diskominfosantik, di Hotel Sakura, Cikarang Pusat pada Senin (02/10/2023).

“Salah satu aspek yang penting dalam pelayanan digital adalah keamanan informasi, ini menjadi satu aspek yang akan kita coba angkat bagi perangkat daerah,” ungkapnya.

Dengan hadirnya perwakilan perangkat daerah dalam acara ini, akan diberikan pemahaman manajerial kaitan aplikasi yang dicanangkan pada pelayanan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya. Keamanan informasi, jelas Yan Yan, menjadi aspek penting karena sangat berhubungan dengan kepercayaan masyarakat yang akan dilayani.

“Tentunya layanan elektronik di masing-masing perangkat daerah. Karena jangan sampai kita layanan elektronik dilakukan tapi pelayanannya lemah,” tuturnya.

Usai dilakukan sosialisasi ini, kedepannya Diskominfosantik akan melanjutkan dengan upaya mengkoordinir pemantauan ditiap perangkat daerah mengenai sistem manajemen keamanan informasinya. Hal ini sudah didukung dengan peraturan bupati sebagai dasar dari keamanan informasi berbasis digital.

“Karena kembali lagi tanggung jawab keamanan itu adalah milik masing-masing perangkat daerah, dan Kominfo mengkoordinir. Jadi tidak mentang-mentang digital keamananya tidak hanya di Kominfo saja, karena masing-masing perangkat daerah yang melaksanakan layanan itu menjadi penanggung jawab keamanannya, kita bisa lakukan misalnya dengan Pan Test (Penetration Testing),” jelasnya.

Dia berharap masing-masing perangkat daerah lebih sadar akan kemanan informasi. Sekaligus menata keamanan informasi dari layanan digitalnya.

“Masing-masing perangkat daerah saya berharap menjadi lebih aware dalam hal kemanan informasi, kemudian menata manajemen keamanan informasinya,” pungkasnya. (H.Oji)

Komentar