Disnaker Kabupaten Bekasi Selenggarakan Pameran Bursa Kerja Virtual

Pemerintahan461 Dilihat

Cikarang, proaksinews – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Pameran Bursa Kerja Virtual Kabupaten Bekasi Tahun 2023, bertempat di Hotel Holiday Inn, pada Rabu (18/10/2023). Diharapkan melalui bursa kerja ini dapat memudahkan para pencari kerja mengakses informasi lowongan pekerjaan.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, melalui Bursa Kerja Virtual ini Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memberikan kemudahan kepada para pencari kerja khususnya warga Kabupaten Bekasi dalam mengakses informasi lowongan pekerjaan yang semakin terbuka dan juga mudah diakses sebab termuat dalam website digital saat ini.

“Kita selenggarakan bursa kerja ini secara virtual supaya mereka tidak harus datang ke sini, yang jauh-jauh. Bisa dari rumahnya masing-masing dengan gadgetnya masing-masing bisa daftar di sini,” ungkapnya usai membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dani Ramdan menambahkan, melalui akses digital, bursa kerja virtual menyediakan 113 jenis lowongan pekerjaan dengan kuota mencapai 912 dari beberapa perusahaan ternama yang turut bergabung dalam kegiatan tersebut. Meskipun hanya berlangsung selama dua hari, masyarakat tetap dapat mengakses lowongan kerja itu melalui website yang disediakan oleh Disnaker Kabupaten Bekasi.

“Ini menjadi tantangan dari Disnaker, harus bisa para pencari tenaga kerja mengakses, mendaftar, kemudian ikut seleksi secara digital. Kalau sekarang hanya mengandalkan secara manual pasti tertinggal,” jelasnya.

Kepala pusat data dan informasi Kemnaker RI, Muhammad Farid Ma’ruf mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Pemkab Bekasi tersebut, karena juga membantu masyarakat khususnya warga Kabupaten Bekasi untuk mengetahui skill dan kecakapan seperti apa yang harus ditingkatkan.

“Peserta atau pencari kerja ini semakin tersebar luas dan ini tidak bisa dibatasi, dan dengan job fair virtual seperti ini semakin terbuka dan harapan kami dengan seperti ini akan semakin teridentifikasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bekasi ini apa yang harus ditingkatkan agar juga mampu bersaing dengan pencari kerja dari daerah lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktifitas Disnaker Kabupaten Bekasi Muhammad Ali Amran menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Juga para pencari kerja difasilitasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

“Tentu kita berharap melalui kegiatan ini angkatan kerja yang ada di Kabupaten Bekasi saat ini dapat terserap di perusahaan-perusahaan, meskipun banyak pencari kerja dari luar daerah. Tetap kita minta perusahaan untuk memprioritaskan warga Kabupaten Bekasi yang memang memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan,” terangnya. (Clau).

Komentar