DPD Komnas Wi Tebing Tinggi Gelar Rakerda ke-5 dan Diklat Jurnalis

Umum414 Dilihat

ProaksiNews, Tebing Tinggi – DPD Komnas Wi Kota Tebing Tinggi menggelar acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-5, sekaligus melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalis.

Kegiatan Rakerda dan Diklat jurnalis tersebut dilaksanakan di Hotel Darma Agung Wisata Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Sabtu-Minggu (27-28 /11/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPP Komnas Wi, Rame simanjuntak beserta rombongan dan Ketua DPD Tebing Tinggi, Tuah Mada Hasibuan.

Rame simanjuntak selaku ketya DPP Komnas Wi membuka acara pembukaan Rakerda ke v dan diklat jurnalis DPD Komnas Wi Kota Tebing Tiinggi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPP Rame simanjuntak mengatakan, bahwa kegiatan rakerda dan pelatihan jurnalis ini bertujuan untuk menjadikan wartawan yang tergabung di Komnas Wi agar lebih baik dalam menyajikan pemberitaan.

Tampak dalam acara diklat jurnalis itu menghadirkan Abdul Kholik MAP MKom selaku nara sumber.

Abdul Kholik dalam penjelasanya menyatakan, perlunya dilakukan peningkatan profesional wartawan sehingga bisa lebih baik lagi dalam menyajikan berita, sehiblngga lebih aktual dan terpecaya masyarakat.

Dikatakannya, pelatihan jurnalis sangat perlu untuk mengasah kemampuan wartawan untuk menulis dan menyampaikan informasi segala kejadian, maupun kegiatan kepada publik dalam bentuk berita yg menarik.

“Pelatihan jurnalis perlu dilakukan, agar para wartawan lebih baik dan menarik dalam menyajikan informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kaharudin. SH yang juga sebagai narasumber menyampaikan, sangat penting kiat dalam suatu pemberitaan, hal itu demi mendapatkan data yang valid, agar tidak menjadi berita hoax dan pencemaran nama baik. Dan wartawan tidak terjerat hukum dan kriminilisasi. Apalagi sudah banyak wartawan yang terjerat hukum.

Menurutnya, dalam menulis dan menginformasikan kegiatan kepada publik dalam bentuk berita, meskipun sudah biasa secara otodidak, namun akan lebih baik jika ditambah dengan pengetahuan dan skill yang didapatkan dari beberapa sumber.

“Kemampuan wartawan harus terus diasah dalam menyajikan berita, sehingga terhindar dari jeratan hukum dan berita hoak,” ujar Kaharudinsyah¬† Kms.

Komentar