Jenderal Idham Azis Serahkan Tongkat Estapet Kapolri Kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Nasional309 Dilihat

ProaksiNews, Jakarta – Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerima tongkat kepemimpinan korps Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis. Serah terima jabatan (Sertijab) ini, sesuai dengan keputusan presiden (Keppres) Nomor 5/Polri/2021.

Sertijab Kapolri tersebut digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021). Sertijab ini sekaligus penyerahan kepemimpinan Ibu Bhayangkari dari Ny. Fitri Idham Azis ke Ny. Juliati Sigit Prabowo.

Prosesi Sertijab diawali dengan penyerahan panji-panji Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis ke Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya, Ny. Juliati Sigit Prabowo juga menerima tongkat kepemimpinan ibu Bhayangkari sekaligus ibu asuh Polwan.

Dalam upacara Sertijab tersebut, tampak hadir pejabat utama Mabes Polri seperti Wakapolri Komjen Gatot Eddy Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan lain-lain. Sertijab ini juga menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat serta disiarkan secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Polda.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya mengatakan siap mengemban tugas sebagai pimpinan Polri. Jenderal Idhamengaku akan menggandeng semua pihak baik senior maupun junior untuk mewujudkan Polri yang Presisi atau Pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Penunjukan saya sebagai Kapolri merupakan suatu amanah yang sangat besar bagi saya untuk menanggung konsekuensi pertanggungjawaban tidak saja kepada hukum dan peraturan perundang-undangan kepada pemimpin negara masyarakat dan negara tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Jenderal Sigit.

“Oleh karena itu niat baik dan komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik menjadi landasan bagi saya dalam membawa institusi Polri semakin baik kedepannya,” imbuh Jenderal Sigit.

Sementara itu, Jenderal Idham Azis mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama menjabat sebagai Kapolri. Idham yakin Jenderal Sigit dapat membawa Polri ke arah yang lebih baik lagi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena kodrat dan iradat Nya lah yang mustahil pun bisa terjadi pada diri saya untuk menjadi Kapolri yang ke-24. Terima kasih yang setinggi-tingginya disampaikan kepada bapak presiden yang telah memberikan amanah kepada saya untuk memimpin Polri kurang lebih 454 hari,” ujarnya.

“Saya yakin dan berdoa, di tangan dingin Bapak, melalui program transormasi menuju Polri yang PRESISI, Institusi Polri akan jauh lebih baik lagi. Seperti kata orang bijak, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” sambungnya. Red/Humas Polri.

Komentar