Kampung Tangguh Jaya Luncurkan Program Tukar Sampah Dengan Masker

Umum238 Dilihat

ProaksiNews, Cikarang – Kampung Tangguh Jaya yang berada di Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi menawarkan inovasi unik untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungannya.

Program inovasi unik tersebut dilakukan dengan cara penukaran sampah dengan masker. Program Tukar Sampah dengan Masker dilakukan demi menjaga kesehatan masyarakat.

Menurut Rohdian, Ketua Kampung Tangguh Jaya RW 05 Desa Telaga Murni, Senin (22/2/2021) mengatakan, sejak pandemi Covid-19 berlangsung, masker hampir menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dalam berkegiatan di luar rumah.

“Untuk membeli masker warga harus mengeluarkan anggaran. Karena itulah kami luncurkan program Tukar Sampah dengan Masker untuk menghemat pengeluaran, sambil mengajak warga peduli terhadap kebersihan lingkungan,”ujar Rohdian.

Dikatakan Rohdian, bagi masyarakat yang ingin menukar sampah rumah tangganya dengan masker, maka warga harus mengumpulkan sampah jenis besi dan plastik yang bisa ditukar dengan 5 masker.

“Untuk sampah jenis kertas dan kardus, warga perlu mengumpulkan 2 kg agar dapat ditukar dengan 3 buah masker,” imbuhnya.

Rohdian menyebutkan program ini bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat secara langsung agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat menjadi penanganan nyata dari penyebaran Covid-19 di wilayahnya. ADV.

Komentar