Kolang-Kaling Produk UMKM Kota Tebing Tinggi Tembus Pasar Ekspor

Daerah291 Dilihat

ProaksiNews, Tebing Tinggi – Produksi kolang-kaling milik UMKM Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara patut mendapat apresiasi. Pasalnya, kolang-kaling tersebut bisa menembus pasar hingga luar negeri, dan berhasil diekspor.

Wali Kota Tebing Tinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM tampak menghadiri pelepasan satu kontainer ekspor komoditas kolang-kaling produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tebing Tinggi ke Filipina, Senin (28/06/2021) di Halaman Balai Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tebing Tinggi mengungkapkan, bahwa kedepannya ekspor bukan hanya kolang-kaling, tapi bisa dikembangkan ke ekspor lain, misal ijuk, lidi dan tebu.

“Ekspor ini bertujuan memotivasi bagi pengusaha yang lain. Bukan hanya kolang-kaling yang bisa diekspor, saya sepakat dengan ijuk, lidi dan tebu. Hanya kemauan, minat dan tentunya eksport mudah dan murah. 4K memang menjadi bahagaian dari kita. Kami mengajak pengusaha muda, UMKM untuk maju,” ucap Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota, bahwa Pemko akan berkomitmen untuk terus memajukan UMKM, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Balai Karantina Belawan.

Wali Kota juga berpesan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM lainnya, agar dapat mengikuti jejak CV. KKS untuk melakukan ekspor produk-produk yang dihasilkan. Dan CV. KKS, agar dapat menjadi pelopor produk ekspor UMKM Kota Tebing Tinggi.

“Kepada kita semua, jangan berhenti untuk melakukan ekspor. Komitmen kami, akan push terus menerus dan kami akan meminta kepada OJK serta Balai Karantina Belawan untuk memberikan penyuluhan keilmuan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM,” tambah Wali Kota.

“Kami atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terimakasih kepad CV. Kolang-Kaling Sekawan, jadilah pionir, jadilah pelopor. Dan mudah-mudahan akan dicatat dalam sejarah Kota Tebing Tinggi,” imbuh Wali Kota.

Sementara Direktur CV Kolang-Kaling Sekawan (KKS), Radian Nababan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, dan berjanji akan terus melakukan inovasi dan promosi.

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan Bapak Wali Kota Tebing Tinggi. Kami merasakan komitmen Pa Wali Kota dalam mendukung kami pelaku usaha, mempermudah dalam ijin. Sesuai arahan Pak Wali Kota, kami berjanji akan berinovasi dalam promosi,” ucap Radian Nababan.

Pejabat Fungsional Ahli Balai Karantina Belawan, Amossudin Silalahi ST MT mengungkapkan, bahwa pengusaha dan pelaku UMKM tidak bisa berjalan sendiri. Sehingga perlu ada dukungan dari pemerintah.

“Hari ini saya merasa terharu dan terkesan sekali kepada Bapak Wali Kota Tebing Tinggi diacara pelepasan ekspor ini. Bahwa ekspor import, pelaku usaha tidak bisa berjalan sendiri, ada tangan pemerintah yang menggandeng kita. Terlebih disaat pandemi ini, bisa eksport kolang-kaling, ini luar biasa.

“Kepada para pelaku usaha UMKM, kami sarankan 4K, pertama Kualitas, kedua Kuantiti, ketiga Kontiunitas dan keempat, Kreatifitas,” beber Amossudin Silalahi.

Acara diakhiri dengan pemecahan kendi dan potong pita melepas 1 kontainer kolang-kaling produk UMKM Kota Tebing Tinggi ke Filpina.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD H.M. Azwar, S.Si, Pejabat Fungsional Ahli Balai Karantina Belawan Amossudin Silalahi, ST., MT., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.ST., M.Si.

Selain itu, hadir pula perwakilan Pimpinan OPD terkait, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Direktur CV. KKS Radian Nababan, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan Bank Indonesia (BI), rekan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan tamu undangan. Kms.

Komentar