Melalui Bhabinkamtibmas, Polsek Sumur Himbau Warga  Waspadai Curanmor

TNI/Polri41 views

ProaksiNews, Pandeglang – Jajaran Polsek Sumur, Polres Pandeglang, Banten menghimbau masyarakat yang bermukim di Kecamatan Sumur untuk mewaspadai pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Himbauan tersebut disampaikan Polsek Sumur melalui para Petugas Bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap wilayah Desa binaannya. Untuk itu,  warga diharapkan tetap waspada terhadap segala ancaman kejahatan yang berpotensi tinggi.

Hal itu diungkapkan Bhabinkamtibmas, Bripka Dadan, Kamis (29/4/2021). Menurutnya, ancaman kejahatan curanmor patut diwaspadai, sebab akan semakin tinggi saat menghadapi lebaran atau hari raya yang beberapa hari lagi akan tiba.

“Kita menghimbau warga untuk mewaspadai tingginya ancaman kejahatan curanmor. Terlebih lebaran sudah semakin dekat,” ujar Bripka Dadan.

Dikatakan Bripka Dadan, saat ini kasus curanmor dibebarapa daerah dengan modus kunci nyantol dan modus kejahatan lainnya semakin tinggi. Untuk itu, pihaknya menghimbau masyarakat agar lebih waspada.

Bripka Dadan menambahkan, untuk mengantispasi hal itu, jajaran Polsek Sumur melalui petugas Bhabinkamtibmas melaksanakan kunjungan terhadap warga yang ada wilayah hukum Polsek Sumur.

“Himbauan ancaman curanmor ini, kita gaungkan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat lebih waspada demi menghindari kejahatan tersebut,” katanya.

Diungkapkan Bripka Dadan, bahkan pada sejumlah kesempatan, anggota Bhabinkantibmas kerap menemui warga dan melakukan dialog sehingga pesan kamtibmas kepada warga yang dikunjungi bisa selalu waspada terhadap aksi pencurian kendaraan bermotor.

Pihaknya juga menghimbau, apabila akan meninggalkan kendaraan, agar memastikan kunci kontak sudah dicabut serta telah dikunci stang  atau menggunakan kunci ganda. Intinya jangan gegabah karena belakangan ini kasus curanmor telah terjadi di beberapa daerah dengan modus kunci nyantol dan modus lainnya ungkapnya.

Dihimbau kepada warga untuk tetap  memelihara kamtibmas di desa masing-masing tetap aman, jangan terprovokasi isu isu negatif yang belum tentu kebenarannya yang banyak tersebar di media sosial, serta aksi pencurian malam, dan agar warga tetap waspada terhadap hal hal yang bisa terjadi seperti kebakaran di musim panas ini tuturnya.

Sementara disela kesibukannya, Kapolsek Sumur AKP Bambang saat di konfirmasi mengatakan, antisipasi curanmor kerap disampaikan kepada masyarakat. Dan itu sudah menjadi kewajiban Petugas Bhabikamtibmas melaksanakan kegiatan sambang maupun tatap muka di desa binaannya.

Ditambah Kapolsek Sumur, dengan adanya kunjungan dan dialog tersebut, diharapkan warga merasa semakin dekat dan berempati kepada Bhabinkamtibmas dan dengan sendirinya dapat menggalang partisipasi aktif warga masyarakat  untuk menyampaikan informasi sekecil apapun dalam upaya memelihara kamtibmas di tingkat desa.

“Himbauan dan kunjungan kerap disampaikan bhabinkantibmas. Bahkan dialog kepada masyarakat selalu dilakukan, sehingga masyarakat semakin dekat dan kantibmas semakin terpelihara,” imbuh Kapolsek. Par.

Komentar