Pemkab Bekasi Bakal Bangun 2500 Rutilahu Tahun Ini

Umum564 Dilihat

ProaksiNews,Cibitung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pada tahun ini bakal membangun sekitar 2.500 rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang tersebar di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki, saat meninjau pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan penyerahan secara simbolis bantuan Rutilahu di Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Selasa (29/03/2022).

“Iya di tahun anggaran 2022 ini, Pemkab Bekasi akan memberikan Rutilahu sebanyak 2.500 rumah. Kegiatan ini merupakan launching pembangunan Rutilahu yang akan dilakukan di Kabupaten Bekasi,” kata Plt Bupati.

Marjuki menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan permulaan dari program pembangunan SPAL dan Rutilahu yang akan terus berjalan hingga targetnya tercapai. Dirinya juga mengatakan akan memonitoring program tersebut.

“Program ini merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk mensejahterakan masyarakatnya, semoga dapat bermanfaat dan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sementara Camat Cibitung Encun Sunarto, menjelaskan bahwa pembangunan SPAL dan Rutilahu di Desa Muktiwari tersebut mutlak diperlukan oleh warganya karena merupakan sarana pembuangan air limbah yang berasal dari rumah tangga.

Menurutnya, bantuan SPAL atau MCK yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakatnya.

“Alhamdulillah bantuan SPAL atau MCK keluarga ini tentu akan sangat bermanfaat bagi warga, hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas kesehatan keluarga,” ucap Encun.

Kepala Desa Muktiwari, Bahrudin menyampaikan apresiasinya terhadap program pemerintah daerah dalam membantu warganya yang kurang mampu dengan memberikan bantuan Rutilahu dan pembangunan SPAL. Dari 3 rumah yang diberikan simbolis tersebut, diketahui ditempati oleh lansia dan satu diantaranya di tempati oleh anak yatim piatu.

Bahrudin menambahkan, bantuan tersebut diberikan kepada penerima manfaat sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, sehingga dirinya menilai bantuan tersebut akan sangat terasa bermanfaat bagi warganya.

“Di Desa Muktiwari bantuan SPAL yang diberikan sebanyak 55 unit dan Rutilahu sebanyak 15 rumah. Saya mewakili masyarakat sangat berterimakasih atas bantuan yang sangat bermanfaat ini,” imbuhnya. Cha.

Komentar