Pemkab Bekasi Pastikan Stok Sembako Jelang Ramadhan Aman

Umum448 Dilihat

ProaksiNews, Cikarang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memastikan, pada Bulan Ramadhan tahun ini ketersedian bahan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Bekasi relatif masih aman.

Hal itu diungkapkan Seketaris Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Andi Suhandhi, Kamis (25/3/2021). Menurut Andi, amanya stok sembako Kab Bekasi itu, setelah pihaknya melakukan survey kesejumlah tempat.

“Kami sudah lakukan survey di minggu kedua bulan Maret, ketersediaan bahan pokok termasuk beras, stok menyambut bulan suci Ramadhan masih aman,” kata Andi.

Dikatakan Andi, kebutuhan sembako di Kabupaten Bekasi dipengaruhi dari wilayah pemasok. Dan saat ini, pasokan tersebut sudah dikirim dari Kab Karawang.

“Kabupaten Bekasi mendapatkan pasokan beras 60 persen dari Kabupaten Karawang, 20 persen lokal dari wilayah Kecamatan Sukatani dan sekitarnya dan 20 persen dari daerah Jawa,” ujar Andi.

Namun, pria beracamata ini mengungkapkan ada kecenderungan beberapa bahan kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan di Bulan Ramadhan. Di antaranya seperti telur, daging, cabai, bawang dan lainnya.

Andi mengatakan harga beras di pasaran juga dipastikan tidak mengalami kenaikan. Namun secara kualitas terjadi penurunan akibat bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Beras yang memiliki kualitas premium turun menjadi medium karena terendam banjir. Ini terjadi karena pengeringan lambat sehingga petani mengalami kerugian,” imbuhnya.

Andi mengungkapkan, untuk menggenjot daya beli masyarakat, pihaknya telah membuat pasar online di empat pasar di Kabupaten Bekasi. Masyarakat bisa menggunakan aplikasi online digital untuk membeli sejumlah kebutuhan bahan pokok.

“Bisa pembayaran COD, WA atau petugas yang mengantar, atau dengan grab, itu aplikasi dimungkinkan ke sana, jadi masyarakat yang beli cukup di rumah saja,” bebernya. Adv.

Komentar