Pemkab Bekasi Teken NPHD, Sukseskan Pilkada 2024

Pemerintahan59 Dilihat

Cikarang, Proaksinews –Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024.

Penandatanganan dilaksanakan di Aula Ma’mun Nawawi pada Senin (3/6/2024) oleh PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Twedi Aditya Bennyahdi, Komandan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Inf. Danang dan pihak Komando Resor Militer (Korem).

“Penandatangan NPHD untuk hibah pengamanan pilkada. Ada tiga instansi. Polres, Kodim dan Korem. Ini sebagai amanat undang undang juga, pilkada ini khusus tidak tiap tahun dan tidak ada anggaran di instansi tersebut, maka kita alokasikan dari apbd,” ujar Dani Ramdan usai memimpin Rapat Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2024.

Lebih lanjut, kata dia, penandatanganan NPHD dan realisasinya, dilaksanakan lebih awal dibandingkan dengan wilayah lain di Jawa Barat. Karena, keamanan menjadi bagian penting dalam kelancaran Pilkada tahun ini.

“Hibah dari APBD, Polres sebagai leading sector pengamanan selama Pilkada kita hibahkan Rp. 6,4 Miliar, Kodim Rp. 2,3 miliar, Rp. 1,2 miliar. Disalurkan dalam satu tahap,” katanya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, bantuan tersebut nantinya diperuntukan untuk agenda pengamanan di tiap tahapan Pilkada. Mulai dari proses pendaftaran, sampai nanti pelantikan.

“Tahapan akan dilaksanakan pada saat kami sudah ada perintah dari Mabes Polri ketentuan untuk operasi Pilkada itu sudah mulai dilaksanakan,” katanya.

Hal senada disampaikan Komandan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Inf. Danang. Katanya, nantinya anggaran akan digunakan semaksimal mungkin, baik untuk konsumsi prajurit saat pengamanan hingga uang saku prajurit, juga untuk pembuatan posko pengamanan.

“Kita berharap, Pilkada berjalan dengan lancar. kami akan terus berkoordinasi dengan Polres,” tandasnya. (Clau).

 

Komentar