Pemkot Bekasi Buka Layanan Vaksinasi Lansia dan Komorbid di Stadion Patriot Candrabhaga

Umum422 Dilihat

ProaksiNews, Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Kesehatan secara khusus menggelar kegiatan gebyar vaksinasi Covid-19 bagi para lansia dan orang yang mengidap penyakit komorbid.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada, Sabtu 11 Desember 2021 dan Minggu 12 Desember 2021.

Demikian diungkapkan dr. Sudirman Penanggungjawab Gebyar Vaksinasi Kota Bekasi, dr Sudirman, Sabtu (11/12/2021).

Menurutnya, pelaksanaan gebyar vaksinasi Covid-19 bagi usia lansia dan orang dengan penyakit komorbid itu sesuai Surat Edaran Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi Nomor 440/1919/SET.COVID-19.

Dalam Surat Edaran tersebut tertulis bahwa vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Bekasi masih di bawah 60%. Terhitung per tanggal 2 Desember 2021, untuk lansia, baru mencapai 56,1 persen yaitu sebanyak 87.603 jiwa dari target 156.149 jiwa. Hal ini menjadi latar belakang digelarnya Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan orang dengan penyakit komorbid.

Semenjak pendaftaran online dibuka pada Selasa tanggal 07 Desember 2021, kata dr Sudirman, terdapat 500 jiwa yang terdaftar dan di hari pertama pelaksanaannya, (11/12/2021) sebanyak 450 jiwa telah tervaksin. Dan pendaftaran masih dibuka untuk besok (12/12/2021) baik secara online maupun offline.

“Bagi peserta yang sudah mendaftar secara online, namun hari ini (11/12/2021) tidak datang atau belum sempat datang, silahkan datang besok (12/12/2021) ke Stadion Patriot Candrabhaga Gate 11-12 jangan lupa untuk membawa fotocopy KK dan KTP, dan bagi yang belum mendaftar, silahkan daftarkan diri secara online melalui https://bit.ly/SentraVaksinasiLansiaKomorbid,” katanya.

“Kami pun tidak menutup kemungkinan bagi peserta untuk mendaftar offline dengan datang langsung ke lokasi.” ujarnya.

Dikatakan dr. Sudirman, jenis vaksin yang digunakan di Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan orang dengan penyakit komorbid adalah Sinovac, tersedia untuk dosis 1 dan 2. Dan dibuka dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Namun, ungkap dr Sudirman jika ada masyarakat umum yang butuh vaksin jenis Sinovac juga, akan kami layani, namun tetap prioritas utama kami di Sabtu dan Minggu pekan ini adalah lansia dan komorbid, karena Sentra Vaksinasi akan tetap buka normal setelah ini.

“Layanan vaksinasi untuk lansia dan orang dengan penyakit komorbid tentunya disediakan maksimal oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi agar peserta merasa nyaman dan tenang tidak takut dan ragu untuk divaksin, yakni dengan menghadirkan Dokter Spesialis dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid untuk kebutuhan konsultasi kesehatan.

“Kami siapkan Dokter Spesialis untuk mengkonsultasikan kesehatan jika masih ada peserta yang merasa ragu atau takut, silahkan konsultasikan diri terlebih dahulu, karena untuk konsultasi Dokter Spesialis tidak dikenakan biaya sama sekali, yang terpenting jujur saat konsultasi dan skrinning kesehatan, serta pastikan dalam kondisi yang benar-benar fit.” imbuh dr Sudirman.

Sementara seorang peserta lansia, Bapak Dani (66 tahun) mengatakan, bahwa pelayanan para petugasnya ramah, serta sigap, dan untuk tempat pun nyaman-nyaman saja bagi lansia seperti saya, aksesnya tidak sulit, saat pemeriksaan kesehatan juga ada dokter spesialis yang berjaga sehingga saya pun merasa aman, disiapkan kursi roda untuk yang mobilitasnya sudah agak terbatas, pendaftarannya tidak sulit.

“Terima kasih kepada Dinkes Kota Bekasi yang sangat memperhatikan para lansia seperti saya,” ungkapnya. Cha.

Komentar