Pemuda Batak Bersatu Jawa Barat Laksanakan Rakorda Perdana

Umum330 Dilihat

ProaksiNews, Bekasi – Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Batak Bersatu (DPD PBB) Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) perdananya di Hotel Citra Inn Jalan Cikarang – Cibarusah Sukaresmi, Kec Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Rakorda yang dilaksanakan, Sabtu (24/4/2021) tersebut, seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC PBB) yang ada di Jawa Barat tampak hadir. Dan rakerda itu diberi tema “Bersama Kita Harmonis”.

Sekitar 21 pengurus DPC PBB se-Jawa Barat yang menghadiri rakorda, terlihat hikmat mengikuti rakorda yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Tampak hadir juga Syafri Donny Sirait, Heston Manullang dan Joe Harlen Simanjuntak (Trio Ambisi) selaku Dewan Penasehat DPD PBB Jawa Barat.

Saat pelaksanaan rakorda, Ketua DPD PBB Jawa Barat bersama jajaran disambut dengan tor-tor Batak yang dibawakan PAC PBB Cikarang Selatan. Sebelum acara dimulai, para peserta terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan lagu mars PBB. Kemudian, acara dibuka dengan doa, dilanjutkan dengan pemaparan dan sesi tanya jawab antar sesama peserta Rakorda.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Pemuda Batak Bersatu Jawa Barat, H Lyston Sihotang memberikan materi pemaparan kepada peserta. materi yang dibahas meliputi:
1. Pembahasan AD/ART & 3 PO Terbaru.
2. Distribusi KTA & Seragam tanpa uang pendaftaran.
3. Mekanisme dan pendampingan jenazah ke Sumatera Utara.
4. Jalur Komando PBB.
5. Pendaftaran Mobil Komando Se-Jawa Barat.

Ketua DPD PBB Jawa Barat yang karib disapa Eric ini mengatakan, kegiatan itu adalah Rakorda yang pertama. Menurut dia, dalam Rakorda dibahas beberapa mekanisme dan peraturan organisasi yang terbaru.

“Rakorda ini yang pertama di Jawa Barat dan dihadiri 21 DPC. Dalam Rakorda hari ini kita membahas bagaimana mekanisme kegiatan sosial yang kita lakukan terkait pengantaran jenazah ke daerah Sumatera Utara. Kemudian pembahasan peraturan organisasi terbaru yang sudah dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Batak Bersatu,” ujarnya.

Dikatakan Eric, dengan terlaksananya Rakorda ini seluruh anggota Pemuda Batak Bersatu bisa menjalankan AD/ART sesuai dengan peraturan organisasi.

“Untuk seluruh DPC yang sudah terbentuk di Jawa Barat ini bisa menjalankan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Kemudian peraturan organisasi ataupun aturan lain yang sudah kita tetapkan, mohon untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Erik menjelaskan, melalui pelaksanaan Rakorda ini dia telah menjalankan roda organisasi dengan baik dan elegan serta menjadi contoh bagi masyarakat.

“Roda organisasi ini harus dijalankan dengan tertib dan elegan sesuai dengan mekanisme, sehingga Pemuda Batak Bersatu bisa berkontribusi banyak dan jadi contoh di daerah masing-masing, khususnya di Jawa Barat,” harapnya.

Eric juga berharap acara Rakorda yang sudah terselenggara bisa bermanfaat bagi semua anggota dalam melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat.

“Untuk seluruh peserta, mudah mudahan Rakorda ini bermanfaat yang nantinya diteruskan ke PAC hingga Ranting, bagaimana mekanisme organisasi yang sudah kita tetapkan bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Tak lupa Eric juga minta maaf kepada seluruh peserta jika ada perkataan dan sambutan yang kurang berkenan dalam kegiatan Rakorda tersebut.

“Kekurangan dari acara ini kami mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan sikap dari kami seluruh pengurus DPD PBB Jawa Barat, karena kami juga bukan manusia yang sempurna, kami juga selalu berusaha bagaimana melayani seluruh DPC se Jawa Barat,” tandasnya.

Eric juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dewan Penasehat dan Dewan Pembina DPD PBB yang telah hadir pada acara Rakorda. Khususnya kepada DPC PBB Kabupaten Bekasi yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakorda.

“Saya sampaikan terima kasih banyak kepada DPC PBB Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah terlaksananya acara ini, serta kepada PAC PBB Cikarang Selatan yang sudah mendampingi kami dalam acara Rakorda,” katanya.

Pada akhir acara Rakorda, DPD PBB Jawa Barat memberikan penghargaan terbaik ke DPC PBB Kota Bekasi. Pasalnya, dari 23 DPC yang sudah terbentuk di Jawa Barat, DPC PBB Kota Bekasi dinilai bisa mencarikan solusi untuk PAC hingga Ranting yang sudah terbentuk menyelesaikan perselisihan di daerahnya, baik permasalahan dengan sesama Ormas dan juga permasalahan di daerahnya dengan tertib dan elegan.

Menanggapi penghargaan tersebut, Ketua DPC PBB Kota Bekasi, Hendriko Siagian mengucapkan terima kasih dan mengaku pelaksanaan Rakorda tersebut sangat luar biasa.

“Acara Rakorda ini cukup luar biasa dan kami juga dari DPC bawahan DPD sudah menunggu ini agar kami lebih mengetahui anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk kami sosialisasikan ke jajaran kami di bawah, termasuk aturan seragam, PIN dan KTA, dan hasil pembahasanya cukup luar biasa, mantap,” kata Hendriko Siagian.

Menurut dia, usai mengikuti acara Rakorda kali ini, DPC PBB Kota Bekasi akan segera melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

“Hasil Rakorda hari ini kami akan segera melaksanakan Rakercab di Kota Bekasi untuk menyampaikan dan memaparkan hasil pertemuan ini, mudah-mudahan bisa terlaksana di minggu depan. Untuk kemajuan Pemuda Batak Bersatu, kepada Ketua DPD PBB Jawa Barat tetap semangat, Bersama Kita Harmonis,” tutupnya. Cha.

Komentar