Peringati Hari Kesiapsiagaan, BPBD Kab Bekasi Siap dan Siaga Bantu Masyarakat

Umum7 views

ProaksiNews, Cikarang – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi memperigati Hari Kesiapsiagaan Nasional. Peringatan yang dilaksanakan setiap tanggal 26 April itu, digelar BPBD Kab Bekasi dengan melaksanakan apel Hari Kesiapsiagaan.

Apel peringatan Hari Kesiapsiagaan tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2021 ini, dilaksanakan di Halaman Kantor BPBD Kab Bekasi, Senin (26/4/2021). Pada tahun ini, tema Hari Kesiapsiagaan Nasional tingkat Kab Bekasi mengambil tema “Siap Untuk Selamat”.

Acara ini dipimpin Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kab Bekasi, Henri Lincoln. Tampak sejumlah pejabat BPBD Kab Bekasi turut mengikuti apel kesiapsiagaan, diantaranya Sekretaris, Kepala Bidang dan Kepala Seksi BPBD Kabupaten Bekasi.

Kegiatan apel Hari Kesiapsiagaan itu, ditandai dengan memukul kentongan dan membunyikan sirine tanda semangat.

Dalam kesempatan tersebut, Kalak BPBD Kab Bekasi, Henri Lincoln mengungkapkan, bahwa hari kesiapsiagaan tahun 2021 mengambil tema “Siap Untuk Selamat”.

Menurut Henri, tema itu maknanya adalah tekad bersama dari personil BPBD Kab Bekasi dalam menjalankan tugas penyelamatan untuk semua, baik yang diselamatkan maupun keselamatan bagi seluruh anggota.

Dikatakan Henri, BPBD Kab Bekasi memiliki komitmen mengatasi dan mengantispasi bencana. Hal itu bertujuan, agar personil BPBD Kab Bekasi siap dan siaga dalam membantu masyarakat.

“Kita tegaskan, komitmen ini dalam rangka mengatasi dan mengantisipasi bencana. Kesiapsiagaan kita terus dituntut dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, pada saat ini juga kita harus siap, siaga membantu masyarakat di dalam pencegahan bencana (mitigasi),” ujar Henri.

Menurut Henri, dalam evakuasi kebencanaan itu dilanjutkan pelaksanaan rekontruksi dan rehabilitasi. Sehingga kedepannya, diminta kepada semua anggota agar menjadi semangat, siap dan profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, ungkap Henri, para personil BPBD Kab Bekasi diharapkan dalam melaksanakan tugasnya penuh tanggungjawab. Dan selalu melakukan evaluasi, sehingga kedepannya tugas bisa dilaksanakan dengan baik.

“Saya minta dalam profesional kita, tentunya menjadikan kita semangat dan kompak dalam melaksanakan tugas. Artinya, apa yang telah ditugaskan, dapat dilaksanakan dengan baik, yang kemudian terus kita evaluasi kedepan, sehingga dari evaluasi ini akan terlihat segi kekurangan maupun tingkat kemampuan kita,” terang Henri.

Ditambahkan Henri, pihaknya akan terus melakukan peningkatan kualitas SDM personil. Hal itu dilakukan dengan membuat pelatihan tim-tim khusus penyelamatan, evakuasi dan tim lainnya yang spesifik. Sehingga memiliki sertifikasi hingga menjadi profesional.

“Mari kita sama-sama siapkan, mari kita tingkatkan dan siapkan diri kita untuk menjadi profesional di bidang kebencanaan,” kata Henri. ADV.

Komentar