oleh

Pj Bupati Bekasi Pimpin Upacara Perkemahan Wirakarya Tahun 2022

ProaksiNews, Cikarang – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, memimpin Upacara Pembukaan Perkemahan Wirakarya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi tahun 2022.

Upacara tersebut berlangsung di Bumi Perkemahan (Buper) Karang Kitri, Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/08/2022).

Didampingi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melakukan prosesi adat Adiyaksa Wibawamukti dan penancapan golok.

Dani Ramdan mengatakan, Perkemahan Wirakarya merupakan wahana Pramuka penegak dan pendega untuk mempraktikkan apa yang dipelajari selama latihan di satuannya masing-masing.

“Di sini mereka bisa berlatih di alam bebas, berlatih bermasyarakat, melatih kepemimpinan dan kerjasama, sesuai nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Darma,” ujarnya.

Dani mengatakan, kegiatan perkemahan bisa membuat jiwa dan fisik tertantang sehingga menjadi lebih kuat, karena bisa bermain di alam bebas.

“Apalagi anak-anak sekarang sudah terpapar gadget semua, jadi perlu sekali waktu mereka dibebaskan dari gadget-nya, bermain di alam bebas seperti ini, sehingga mereka bisa merasakan keutuhannya sebagai manusia,” kata Dani.

Dani Ramdan berharap, anak-anak Pramuka yang mengikuti perkemahan Wirakarya, selain bisa bermain di alam bebas, juga bisa menyerap nilai-nilai dari Gerakan Pramuka.

“Untuk masyarakat di luar Pramuka juga boleh memanfaatkan Bumi Perkemahan Karang Kitri ini, untuk kegiatan positif, baik dalam bentuk perkemahan seperti ini atau pun outbond, atau untuk berolahraga, dengan seijin dan koordinasi pihak Kwarcab. Sehingga pemanfaatan bumi perkemahan ini bisa semaksimal mungkin dan bisa di rasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut, Dani Ramdan secara simbolis memberikan bantuan sembako kepada 5 orang dhuafa, penanaman bibit pohon sebagai bentuk saka taruna bumi, dan meninjau embung penyimpanan air bersih untuk MCK, sebagai bentuk saka bahari.

Perkemahan Wirakarya di Buper Karang Kitri dijadwalkan akan berlangsung hingga puncak acara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2022. Cha.

Komentar