RW 001 Harapan Jaya Bekasi Resmikan Posbindu

Umum659 Dilihat

ProaksiNews, Bekasi – Untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga berusia 15 tahun dan lansia. Rukun Warga RW 001 Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara launching Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), di Sekretariat RW 001, Senin (20/2/2023).

Dalam sambutannya, Ketua RW 001 Alfiyan, mengatakan Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan mendeteksi secara dini faktor risiko PTM. Dengan sasaran masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat berisiko maupun tidak berisiko

“Nantinya Posbindu akan melakukan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular terhadap kesehatan masyarakat secara berkala,” katanya.

Diharapkannya, dengan Posbindu ini, kesehatan masyarakat khususnya di lingkungan RW 001 dapat terpantau lebih baik.

Untuk itu, menurut Alfiyan kader Posbindu agar lebih baik melakukan monitoring terhadap masyarakat mulai dari usia 15 tahun sampai lansia

“Insha Allah, nantinya masyarakat dapat memeriksakan kesehatan ke Posbindu untuk diketahui penyakitnya,” kilahnya.

Sementara Kepala Puskesmas Seroja, dr Yanuar Aryando dalam sambutannya mengatakan, Posbindu merupakan wadah untuk masyarakat melakukan pemeriksaan secara dini untuk mengetahui penyakit di masyarakat.

“Masyarakat hendaknya melakukan pemeriksaan secara dini di Posbindu, jangan menunggu sakit. Dengan adanya Posbindu, hendaknya masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik” katanya.

Menurutnya, kader Posbindu dapat melayani masyarakat lebih baik. Jangan lelah, cerdas dan bekerja secara ikhlas dalam membantu masyarakat.

Dikatakannya, deteksi dini yang dilakukan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, cek tekanan darah, dan cek gula darah.

Diharapkan dengan pemeriksaan deteksi dini ini, masyarakat dapat lebih mengetahui status kesehatannya dan dapat menerapkan perilaku hidup sehat sehingga akan terhindar dari penyakit tidak menular terutama diabetes melitus dan hipertensi. Cha.

Komentar