TMMD ke-115 Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Fokus Perbaikan Infrastruktur Wilayah

TNI/Polri575 Dilihat

ProaksiNews, Cikarang – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 0509/Kab Bekasi, yang mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” fokus pelaksanaannya akan fokus di Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi

TMMD yang menjadi program terpadu dari TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat ini akan melakukan pengecoran jalan sepanjang 1000 meter. Pengecoran akan dimulai dari Kampung Teluk Haur hingga Kampung Kobak Pasir, Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran

Hal itu diungkapkan Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, usai memimpin upacara sekaligus membuka kegiatan tersebut yang digelar di Lapangan Bola Granat Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Selasa (11/10/2022).

Menurut Dedy Supriyadi, kampung tersebut terpilih menjadi kegiatan pelaksanaan TMMD, berkat usulan dari masyarakat Pebayuran, dimana kampung tersebut masih belum terhubung dengan jalan antar kecamatan dan desa lainnya.

“Tentunya ini juga sudah melewati beberapa kajian ataupun penelitian dari TNI, juga pertimbangan dan usulan dari masyarakat,” ujarnya.

Dedy menambahkan, pelaksanaan pembangunan jalan tersebut juga sudah diawali dengan adanya pra-TMMD, yang bertujuan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana tepat waktu karena dikhawatirkan pekerjaan dapat terhambat apabila ada perubahan cuaca pada pelaksanaan.

“Saya berharap, dengan pembangunan jalan tersebut dapat menumbuhkan aspek ekonomi masyarakat dan membantu mobilitas, maupun juga ekonomi jalur distribusi pangan dan lain sebagainya,” ucapnya.

Selain kegiatan fisik, pada TMMD tahun ini juga dilaksanakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan hukum, kesadaran bela negara, dan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba. Serta, bakti sosial berupa pengobatan gratis, pelayanan SIM keliling, pembagian kacamata gratis, dan pengerjaan kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah serah terima proyek fisik, penyerahan bibit tanaman dari Dinas Pertanian kepada Kelompok Tani Berkah Jaya, serta penyerahan sembako secara simbolis.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan menambahkan, kegiatan TMMD bersifat lintas sektoral, terpadu melibatkan semua komponen bangsa, dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas Pertahanan Negara dalam program Bakti TNI.

Dikatakan Dandim, tujuan TMMD ini adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang dirasa perlu dalam hal pembangunannya.

Ini dilakukan, kata Dandim, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memanfaatkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh.

“TNI Manunggal Membangun Desa merupakan bagian dari program Operasi Bakti TNI diselenggarakan oleh TNI dengan memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat. Serta pemilihan objek kegiatan yang dirasakan bermanfaat bagi masyarakat di daerah. Sehingga terwujud kesejahteraan dan ketahanan wilayah,” imbuh Horison. Cha.

Komentar